12 November 2015

CARA CERDAS MEMASAK NASI YANG BIKIN KETAGIHAN

CARA CERDAS MEMASAK NASI YANG BIKIN KETAGIHAN

CARA CERDAS MEMASAK NASI YANG BIKIN KETAGIHANMemasak nasi kedengarannya biasa aja bagi yang terbiasa memasak, baik dengan menggunakan dandang / kukusan / panci maupun yang menggunakan ricecooker. Namun pernahkah Anda terpikir bagaimana untuk mengolah beras yang standar menjadi nasi yang pulen dan enak ?


Berikut ini penulis akan memberikan tips cerdas bagaimana memasak makanan pokok bangsa kita tercinta yang biasa menjadi tersaji sangat luar biasa.


1. Siapkan alat memasak apakah secara konfensional menggunakan panci/ kukusan atau dandang ataupun memasak secara modern menggunakan rice cooker.
2.  Cuci beras dengan cara diaduk-aduk dengan tangan hingga air menjadi keruh dan diulangi sampai tiga kali. Namun jangan mencuci beras sampai bersih betul agar kandungan vitamin dan nutrisi  yang terkandung didalamnya tidak hilang.


3. Tambahkan penyedap rasa dan garam serta santan (santan bisa diganti dengan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya disesuaikan dengan banyaknya takaran beras).



4. Untuk mendapatkan warna putih mengkilap alami dan awet bisa dicampurkan dengan jeruk lemon atau jeruk nipis (bisa diganti dengan cuka).



5. Untuk mendapatkan warna bisa menggunakan dengan daun pandan untuk warna hijau dan warna kuning dengan kunyit.




6. Jangan lupa tambahkan daun pandan sebagai aroma pewangi alami. Sebagai catatan daun pandan bisa diganti dengan daun sereh atau daun jeruk purut ataupun jahe atau kunyit (dapat disajikan sesuai dengan selera).


7. Cara lainnya yaitu memasak beras yaitu beras yang telah dicuci bersih lalu ditambahkan penyedap rasa dan garam secukupnya dan jangan lupa masukkan agar-agar tanpa warna dan diaduk rata sebelum dimasak.


Semoga tips diatas menjadi masukan yang bermanfaat bagi kita semua.
Selamat mencoba……….


No comments:

Post a Comment