25 April 2013

TIPS MENGGORENG AGAR MAKANAN RENYAH



TIPS MENGGORENG AGAR MAKANAN RENYAH

DEEP frying merupakan metode menggoreng makanan untuk menghasilkan makanan yang kering dan renyah. Namun, kebiasaan orang biasanya tidak memperhatikan teknik menggoreng sehingga hasilnya kurang kering dan renyah.

Berikut hal yang perlu diperhatikan jika ingin menggoreng dengan teknik deep frying seperti diulas About:

Pilih minyak yang tepat
Hati-hati memilih minyak goreng untuk menggoreng dengan metode “deep frying”. Pilihlah dengan titik asap tinggi karena tidak akan rusak pada suhu tinggi. Beberapa jenis minyak yang bisa Anda gunakan yaitu minyak kanola, minyak biji bunga matahari, dan minyak kacang.

Wajan yang sangat cekungPilihlah jenis wajan yang sangat cekung dan berat untuk menggoreng dengan teknik ini. Saat Anda menuang minyak, usahakan masih ada ruang sekira 5cm di bagian atas wajan. Hal ini merupakan jarak aman ketika terbentuk gelembung minyak atau volume minyak naik ketika makanan dimasukkan.

Gorengan hasilnya akan kering dan renyahPastikan bahwa makanan akan digoreng kering. Biasanya gorengan berbalur tepung atau remah roti sehingga mendapatkan gorengan yang renyah. Tiriskan makanan yang telah digoreng di rak kawat selama 20-30 menit dan di atas tisu sehingga lapisan luar benar-benar kering.

Mulai dengan api sedangMulailah memanaskan minyak di atas api sedang. Jika Anda memiliki termometer penggorengan yang terendam dalam minyak, gunakan! Suhu terbaik adalah 175-190 derajat Celcius. Jika Anda tidak memiliki termometer minyak, siapkan roti tawar yang dipotong dadu dengan ukuran satu inchi, lalu masukkan ke dalam minyak. Jika berubah kecoklatan dalam waktu 60 detik berarti suhu minyak telah 185 derajat Celsius. 

No comments:

Post a Comment