5 November 2015

APA SIH RAHASIA DAPUR YANG PERLU ANDA KETAHUI ?

Apa sih rahasia dapur yang perlu diketahui?

Berikut ini Penulis berikan tips yang perlu anda ketahui seputar dapur.

1.      Telur rebus
         Tips agar tidak rusak atau susah pada saat dikupas ada dua cara yaitu :
         Telur rebus yang masih panas langsung  :
         1.  Dicelupkan ke wadah yang diairi oleh air yang mengalir 
         2.  Dicelupkan kedalam air es dan diamkan beberapa menit

2     Lombok / Cabe
       Tips agar lombok / cabe tidameledak-ledak pada saat digoreng, yaitu dengan melukai sedikit Lombokcabe tersebut dengan pisau sebelum digoreng.

3.      Mencuci sayuran / buah-buahan
        Tips mencuci sayuran dan buah-buahan yang kemungkinan hidup pada batang, daun atau kulit buah berupa binatang kecil seperti keong kecil, ulat, cacing atau binatang parasite lainnya mati adalah dengan menaruh dua sendok garam pada air bilasan pertama lalu didiamkan beberapa menit. Setelah itu bilas bersih secara berulang sebelum dipotong.

4.     T a h u
Tips agar tahu tahan lama / awet ketika disimpan, yaitu dengan mencuci bersih dengan air dingin yang telah dimasak, kemudian siram dengaaipanas, lalu itu lap dengan tisu dapur, dan simpan didalam tutup rapat, kemudialetakkan didalam kulkas hal ini  bisa tahan kurang lebih dari seminggu

5.     Telur 
        Tips untuk mengetahui kondisi telur itu baik atau sudah busuk yaitu bila ditaruh diwadah berisi air telurnya mengapung/mengambang diatas air berarti telur itu sudah busuk. Namun bila diperhatikan posisi telur dalam posisi tidur, berarti telur masih segar.

6.     Telur dari kulkas
      Bila hendak membuat kue pastikan untuk memakai telur yang tidak berasal dari dalam kulkas. Karena ketika akan mengocok telur untuk berbagamacam kue, pastikan teludalakeadaan suhu ruang bukan dingin. Jika dikocodalam keadaan dingin bisa membuat adonan tidak ngembang

7.    Penyimpanan Sayuran agar tetap awet.
Tips menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan pakai keresek tapi gunakakoran   dan   majalah   bekas,   sebab   ini   bisa   mencegah   air   embun   sayuramenggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk



8.     Menghilangkan bau pada kulkas
       Ada bebrapa tipsuntuk menetralisibau dalam kulkas yaitu :
1.    Letakkan arang pad arak didalam kulkas
2.    Letakkan kentang yang sudah dibelah
3.    Letakkan kopi bubuk hitam dalam wadah dan masukkan kedalam kulkas

9.     Cara menggoreng ikan agar tidak lengket
Tips agaikan tidak lengket pada saat digoreng, yaitu:
1.  Gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan menggunakan wajan yang pernah dipakai untuk tumisan, karena ikan akan lengket dan hancur ketika dibalik.
2.  Olesi sedikit garam ke wajan sebeludituangi minyak

10  Menghilangkan rasa pedas pada tangan akibat cabe
Tipsmenghilangkarasa  pana ditangan  akiba terlalu  lama  berkontak dengan cabe atau sambel, yaitu: Mencuci bersih tangan dengan sabun beberapa kali kemudian lap dan masukkan tangan kedalam beras, benadan remas-remas beras sebentar, dijamin rasa panas ditangan akan hilang

11.   Menghilangkan rasa pedas ketika menggiris bawang
Tips agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, yaitu :
1.Letakkan wadah berisgaram disamping talenan, cara ini ampuh menghindarkan rasa pedih di mata.
2.   Bila mengupas atau memotong bawang yang banyak usahakan di alam terbuka agar aroma tidak terhirup sehingga menyebakan perih.
3.   Di zaman modern ini sudah ada alat modern memotong bawang dalam jumlah banyak dengan menggunakan alat pemotong pabrikan agar terhindar dari rasa perih pada mata.  


12.   Beras agar tidak berkutu
  Tips agar beras tidak berkutu yaitu letakkan sebungkus plastik yang berisbeberapsendok kopi bubuk, kemudiaberi sedikit lubanplastiknya.Kutuberatidak suka aroma kopi.

13.    Merawat peralatan dapur
Tips untuk menghilangkan noda dari bumbu yang berwarna seperti kunyit, pada panci atau blender maupun peralatan dapur lainnya yaitu:
ambisesendok baking soda beri sedikit air gosok-gosok ke panci atau peralatan dapur lainnya yang akan dibersihkan. Diamkan sebentar, lalu bilas, jika masih ada noda bisa diulang lagi

14.    Memasak sayuran pahit seperti  pare atau kembang papaya
Tips agar sayuran pahit seperti  pare atau kembang papaya tidak terlalu pahi ketikdimasak, yaitu:
1.  Sebelum ditumis, rebus sebentadi airebusan daun jambu biji (dengan cara rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tungg5 menit, masukkan kembang/daupepaya/pare) diamkan sebentar matikan api setelah itu tiriskandan siauntuk dimasak sesuai selera.. (kaldaupepayanyuntuk kulupan, bisdirebuhingga matang bersama daun jambu)
2.  Sebelum ditumis setelah dipotong-potong diremas dengan garam hingga layui setelah itu dibilas berulang kali untuk menghilangkan rasa asin.

15.    Tempe 
Tips agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan didekat garam
  
16.   Penyimpanan daging
Tips bila menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulang kali karena hal ini bisa membuat bakteri berkembangbiak, jadi potong­potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiap kali masak dan simpan di plastik kecil-­kecil secara terpisah sehingga ketika akan mengambil, bisambil seperlunya saja..


Semoga tips-tips diatas bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment