TIPS MENGHADAPI ORANG MARAH - Setiap
orang pasti pernah mengalami konflik dengan orang-orang sekitarnya.
Pertanyaannya bagaimana cara mengatasi masalah agar anda tetap bisa
mempertahankan hak anda tanpa menciptakan suatu permasalahan baru? Berikut
adalah tips untuk mengatasi konflik :
Jika
ada orang berteriak-teriak karena marah kepada anda, cobalah untuk tenang dan
diam. Biasanya orang yang sedang marah tidak ingin mendapatkan tanggapan dari
anda. Jika anda membalas maka tanggapan anda tersebut tidak akan didengar. Jadi
anda akan rugi dua kali yang pertama emosi anda meledak dan energi anda habis
dan yang kedua tanggapan anda tidak didengarkan.
2. Biarkan Orang Lain Untuk Berbicara Terlebih Dahulu
Orang
yang sedang marah akan letih cepat atau lambat, itulah tujuan mereka yaitu
ingin didengarkan dan supaya mereka dianggap penting oleh orang yang dimarahi.
Maka biarkan orang tersebut marah dan meluapkan perasaannya.
3. Tempatkan Diri Anda Di Pikiran Orang Yang Marah
Berusahalah
untuk berpikiran positif dan tempatkanlah diri anda di keadaan orang yang
marah. Mungkin orang yang marah memang sedang berada di keadaan yang sulit
sehingga tekanan ini yang membuatnya marah. Dengan berpikiran seperti ini, anda
tidak terpancing emosi dan bisa lebih tenang.
4. Tenangkan Orang Yang Marah
Anda
bisa menggunakan kata-kata “ya, saya mengerti yang anda maksud” atau “ya, saya akan berusaha lebih baik lagi”.
Kata-kata ini menunjukkan bahwa anda mendengarkan keluhannya. Dengan
menggunakan kata-kata yang menyetujui keadaannya, ada mulai memecah kemarahannya
sehingga kemarahan bisa cepat reda. Jika keadaan sudah tenang, anda bisa
kembali membahas ini dengan pikiran yang
lebih tenang.
5. Jika Keadaan Memburuk Maka Tinggalkan
Jika
keadaan semakin memburuk dan membahayakan anda, maka lebih baik anda meninggalkan
ruangan tersebut dan katakan kepada orang yang marah “saya tahu anda sedang
marah, dan anda tidak bermaksud untuk mengatakan apa yang anda katakan, karena
itu saya akan biarkan anda untuk bertenang sebentar dan kita bisa membicarakan
hal ini nanti”. Kemudian anda bisa meninggalkan ruangan. Jangan meninggalkan
ruangan tanpa berpesan sedikitpun dengan orang yang marah.
6. Jika Anda Salah, Maka Akuilah Dan Bertanggung Jawablah
Jangan
malu untuk mengakui kesalahan anda. Anda bisa mengatakan “anda benar, saya
salah, saya akan memperbaikinya”. Bahkan jika anda tidak salah, nada bisa
mengatakan “saya mungkin salah, coba kita lihat ini bersama-sama”. Kata-kata
ini adalah kata-kata mujarab dan sangat sulit untuk berdebat lagi dengan orang
yang sudah mengatakan ini.
Bekerjasama
dengan orang yang pemarah memang tidaklah gampang. Tapi kita akan menjadi orang
yang lebih kalah jika kita ikut terpancing marah. Kita juga bisa mengambil
hikmah dari orang yang pemarah bahwa tidak ada satupun orang yang merasa nyaman
untuk bekerjasama dengan orang pemarah. Hal ini bisa menjadi motivasi kita
untuk tidak menjadi orang yang pemarah.
No comments:
Post a Comment